Selasa, 17 September 2013

PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperooleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat zaman batu teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, dan kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat, hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan komputer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer maka hanya bisa dikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bisa mengggunakan komputer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Awalnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya memori yang digunakan sebagai penyimpanan data pada komputer tetapi sekarang pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan kemampuan pengolahan data. Oleh karena itu makalah ini akan membahas apa saja pengelompokan dari teknologi informasi tersebut.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja pengelompokan dari teknologi informasi ?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberi penjelasan tentang pengelompokan dari teknologi informasi.

D.    Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini dilakukan dengan melalui upaya pengumpulan data yaitu :
·         Studi pustaka        : melalui cara ini penyusun dapat mengumpulkan data yang berkenaan dengan objek penelitian.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengelompokan Teknologi Informasi
Awalnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya memori yang digunakan sebagai penyimpanan data pada komputer. Komputer yang memiliki memori berupa RAM (Random Access Memory) atau ROM (Read Only Memory) sebesar 512kb-1mb disebut komputer mini saat ini pengelompokan tersebut sudah tidak tepat lagi karena komputer berukuran kecil, seperti PDA (Personal Digital Assistand) sudah banyak yang memiliki RAM lebih besar dari 1mb (1mb=1.024 kb). Oleh karena itu, pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan kemampuan pengolahan data. [1]
Komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periferal. Pengertian periferal adalah perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sistem. Secara garis besar, komputer terdiri dari tujuh penunjang utama yaitu perangkat masukan (input device), perangkat pemprosesan (cpu), perangkat penyimpanan (storage device), perangkat keluaran (output device), perangkat lunak (software), komunikasi dan baterai.
1.      Perangkat Masukan (Input Device)
Adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam sistem komputer. Perangkat masukan dibagi menjadi dua yaitu perangkat masukan langsung dan perangkat masukan tidak langsung.
a.       Perangkat masukan langsung
Input langsung di proses CPU tanpa disimpan oleh penyimpan media luar. Contoh :
·                     Mouse
Berfungsi untuk mengatur posisi pada layar komputer.
·                    Keyboard
Merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keyboard ada yang standar dan extended. Perbedaanya keyboard standar mempunyai 88 tombol, sedangan keyboard extended lebih banyak.
·                    Joystick
Merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam permainan yang ada di komputer.
·                    Scaner
Adaalah peralatan utnuk membaca input baik data maupun gambar untuk scan.
·                    Microphone
Merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah suara menjadi listrik.
·                    CD-ROM
Berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD. Kemampuan transfer data CD-ROM adalan n x 150 MB/s, dengan n adalah kecepatan yang dituliskan pada bodinya.[2]


b.      Perangkat masukan tidak langsung
Data yang tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetic. Contoh : key-to-tape, key-to-card dan key-to-disk.

2.      Perangkat Pemprosesan (CPU)
Merupakan bagian sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut. Yang terdiri dari :
·         Control unit
Berfungsi untuk menerjemahkan perintah atau intruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh kerja komputer.
·         Arithmetic Logic Unit (ALU)
Berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan, penambahan, pengurangan, perbandingan-perbandingan serta logika.
·         Memory
Adalah penampung dan penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Besarnya kapasitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, Kbyte, Mbyte, dan Gbyte.

3.      Perangkat Penyimpanan (Storage Device)
Berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan juga menyimpan hasil pemprosesan kerja CPU. Perangkat penyimpanan dibagi dua yaitu :[3]

·         Memori Internal (biasa disebut main memori atau memori utama)
Berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contoh :
a.       ROM (Read Only Memory)
Merupakan memori yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tetapi tidak dapat diperbaharui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti program BIOS dan booting.
b.        RAM (Random Acces Memory)
Merupakan memori yang bersifat sementara, yang mana jika komputer mati, maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang. Memori ini bisa membaca, menulis, serta menyimpan data dan program.

·         Memori Eksternal (penyimpanan sekunder)
Adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh :
a.       Harddisk
Merupakan media yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpanan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu IDE (Intergrated Device Electronics) dan SCSI (Small Computer System Interface). Kedua jenis harddisk tersebut dapat dibedakan dari jumlah pin data yang ada. [4]



Jenis IDE mempunyai 40 pin sedangkan jenis SCSI mempunyai 50 pin. Kapasitas penyimpanan harddisk yang ada pada saat ini meliputi : 1 GB, 1,2 GB, 5,1 GB, 6,4 GB, 7,4 GB, 10 GB, 15 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 100 GB dan 200 GB.
b.      CD-ROM
Adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram. Kemampuan menyimpan CD bisa mencapai 700 MB, setara dengan floppy disk sebanyak 486 buah.
c.       Floopy Disk
Floppy Disk atau biasa disebut dengan Disket merupakan media penyimpan data juga, namun dengan kapasitas yang relative kecil. Kemampuan menyimpan dari disket sekitar 1,44 MB.
d.      Flashdisk
Merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB. Kemampuannya menyimpan data mulai dari 32 MB, 64 MB, 128 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB dan 8 GB.

4.      Perangkat Keluaran (Output Device)
Adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Contoh : [5]


a.       Monitor/Display
Berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemprosesan komputer secara visual, baik berupa gambar maupun data. Contohnya monitor dan LCD.

b.      Printer
Merupakan peralatan keluaran untuk menampilkan hasil komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.
c.       Speaker
Merupakan perangkat keluaran yang menampilkan sinyal suara, dimana sinyal tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara).

5.      Perangkat Lunak (Software)
Merupakan kumpulan dari intruksi-intruksi yang akan mengatur kerja komputer. Perangkat lunak terdiri dari :
a.       Sistem operasi
Perangkat lunak sistem operasi biasa dikatakan sebagai perangkat lunak yang sangat vital. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perngkat-perangkat komputer. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sistem operasi buatan Microsoft Corp seperti Windows 95, Windows 98SE, Windows 2000 profesional, Windows XP, dan Windows 7. Masih ada sistem operasi lainnya seperti Machintosh system 7, Lindows dan Linux.[6]


b.      Sistem aplikasi
Merupakan perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu. Sistem aplikasi berupa Microsoft Office, Word Perfect Corel Draw, Adobe Photoshop, dll.
c.       Utility
Merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer.

6.      Komunikasi
Dari berbagai perangkat yang ada dalam teknologi informasi tentunya tidak lepas dari fungsi untuk berkomunikasi. Contoh :
a.       Telepon
Adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui suara. Agar dapat menghasilkan suara pada telepon, sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver.
b.      Televisi
Adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi menerima siaran gambar beserta suara, baik gambar yang hitam putih maupun yang berwarna.
c.       Wireless
Adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel. Seiring dengan perkembangannya yang pesat maka wireless juga dapat digunakan untuk penggunaan internet.[7]

7.      Baterai
Adalah salah satu perkembangan dari teknologi, karena baterai dapat menyimpan energi listrik untuk telepon genggam, jam tangan, komputer, dll.[8]



v  Pengelompokan Teknologi Informasi Berdasarkan Kemampuan Pengolahan Data dan Bentuk Fisiknya
komputer dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya :
a.      Komputer berdasarkan data yang diolah
·         Komputer Analog
Merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh : komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
·         Komputer Digital
Merupakan komputer yang kebanyakan kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
·         Komputer Hybrid
Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.[9]

b.      Komputer berdasarkan penggunaanya
·           Special Purpose Computer
Berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ii dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemproses serta sotwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarkeet, komputer untuk kedokteran.
·         General Purpose Computer
Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga kompuetr tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

c.       Komputer berdasarkan skala kemampuannyya
Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemprosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.[10]


·         Small Scale Computer
Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.[11]
·         Medium Scale Computer
Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal.
·           Large Scale Computer
Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses ramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaanya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

d.      Komputer berdasarkan ukurannya
·           Tower (Menara)
Adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansionslot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
·         Desktop/Personal Computer
Adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Kompuer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang banyak kita pakai sekarang ini adalah jenis desktop.
·         Portable (mudah dibawa)
Adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini dulunya ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur (sarjana sains), peneliti dan sebagainya yang bertugas menyelesaikan suatu tempat tertentu atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
·           Notebook (buku catatan)
Adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan saja, dimana sekarang banyak dipakai pelajar, mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti dan sebagainya. Notebook mempunyai ukuran yang hampir sama atau mirip dengan kertas kuarto, yaitu 8½  x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 11/2 inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
·         Sub-notebook /netbook
Adalah komputer yang ukurannya ada diantara komputer netbook dan palmptop. Ukuran komputer ini lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.[12]
·           Palmtop
Adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaser video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan beterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standard, sehingga menyulitkan pemakai.

e.  Komputer berdasarkan processor komputer
·         Mainframe
Adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
·         Minikomputer
Adalah bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
·         Personal Computer
Adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program aplikasi saat tertentu.[13]


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Teknologi Informasi (TI) dan penggunaanya dalam sistem informasi telah menciptakan peluang berkarir yang menarik. Peluang menddapatkan pekerjaan dalam bidang sistem informasi sangat bagus, karena berbagai organisasi terus memperluas penggunaan teknologi informasi mereka.

Dengan ditemukan berbagai macam teknologi yang mendukung informasi ini menyebabkan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat, dimana setiap informasi yang ada di dunia ini dapat kita dapatkan dengan waktu yang relatif singkat.

Berinvestasi dalam teknologi informasi memungkinkan perusahaan membangun kemampuan TI strategis yang memungkinkannya untuk mengambil keuntungan dari peluang strategis ketika pelung-peluang tersebut muncul. Dalam banyak kejadian, hal ini terjadi ketika perusahaan berinvestasi dalam sistem informasi canggih berbasis komputer untuk meningkatkan efisiensi proses bisnisnya sendiri.

Di beberapa perusahaan, informasi direplikasi ulang dalam beberapa penyimpanan informasi. Ini bisa terjadi dengan merancang (perpindahan informasi dari suatu basis data operasional ke gudang data yang digunakan untuk inteligen bisnis) atau dengan secara kebetulan (pengadaan organisasi lain atau aplikasi).

DAFTAR PUSTAKA

Apriadistmikpsw,Pengelompokan Teknologi Informasi, http://apriadistmikpsw.wordpress.com/2012/09/18/pengelompokan-teknologi-informasi/. (diakses tgl 16 sept 2013 pukul 14:28)
Purnomo, Andi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo:Yudhistira.
Alam, Bahrul, Pegelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html. (diakses tgl 16 sept 2013 pukul 14:59)
Budisantoso, Lukito, Pengertian Komputer dan Komputer dari Kalkulasi hingga Komuniaksi,http://lukitobudisantoso.wordpress.com/tugas-kelompok/kelompok-8-pengertian-komputer-komputer-dari-kalkulasi-hingga-komunikasi/html.(diakses pd tgl 16 sept 2013 pkul. 15.27)


[1] Apriadistmikpsw, Pengelompokan Teknoogi Informasi,http://apriadistmikpsw.wordpress.com/2012/09/18/pengelompokan-teknologi-informasi/. (16.09.2013-14:28pm)
[2] Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com//2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html.(16.09.2013-14:59pm)
[3] Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html.  (16.09.2013-14:59pm)
[4] Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html. (16.09.2013-14:59pm)
[5]  Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html. (16.09.2013-14:59pm)
[6]  Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html. (16.09.2013-14:59pm)
[7]  Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html. (16.09.2013-14:59pm)
[8]  Alam, Bahrul, Pengelompokan Teknologi Informasi, http://bahrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html. (16.09.2013-14:59pm)
[9]    Budisantoso, Lukito, Pengertian Komputer dan Komputer dari Kalkulasi hingga Komunikasi, http://lukitobudisantoso.wordpress.com/tugas-kelompok/kelompok-8-pengertian-komputer-komputer-dari-kalkulasi-hingga-komunikasi/.html. (16.09.2013-15.27pm)
[10]    Budisantoso, Lukito, Pengertian Komputer dan Komputer dari Kalkulasi hingga Komunikasi, http://lukitobudisantoso.wordpress.com/tugas-kelompok/kelompok-8-pengertian-komputer-komputer-dari-kalkulasi-hingga-komunikasi/.html. (16.09.2013-15.27pm)
[11]    Budisantoso, Lukito, Pengertian Komputer dan Komputer dari Kalkulasi hingga Komunikasi, http://lukitobudisantoso.wordpress.com/tugas-kelompok/kelompok-8-pengertian-komputer-komputer-dari-kalkulasi-hingga-komunikasi/.html. (16.09.2013-15.27pm)
[12]    Budisantoso, Lukito, Pengertian Komputer dan Komputer dari Kalkulasi hingga Komunikasi, http://lukitobudisantoso.wordpress.com/tugas-kelompok/kelompok-8-pengertian-komputer-komputer-dari-kalkulasi-hingga-komunikasi/.html. (16.09.2013-15.27pm)
[13]    Budisantoso, Lukito, Pengertian Komputer dan Komputer dari Kalkulasi hingga Komunikasi, http://lukitobudisantoso.wordpress.com/tugas-kelompok/kelompok-8-pengertian-komputer-komputer-dari-kalkulasi-hingga-komunikasi/.html. (16.09.2013-15.27pm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar