Selasa, 24 September 2013

Komponen TI dan Klasifikasi TI



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah mengubah cara hidup masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Peranan dan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi disegala sector kehidupan tanpa sadar telah membawa dunia kegerbang globalisasi tanpa batas dan tidak mengenal jarak. Siapapun dapat berkomunikasi dan mengakses segala informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan dimanapun keberadaannya. Hal ini tidak saja mendorong dunia bisnis dan usaha juga mendorong aktivitas belajar mengajar pun mulai dengan akses tanpa batas.
Teknologi informasi begitu pesatnya berkembang dan dampaknya telah kita rasakan. Berbagai kemudahan yang kita terima, seperti kemudahan untuk memperoleh informasi melalui telepon seluler dan internet. Kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit dan kemudahan untuk mengambil uang di ATM adalah kemajuan teknologi informasi. Untuk mengenali dan menggali potensi teknologi informasi bias kita raih dengan mudah, kita bisa belajar lewat internet. Kemudahan mengakses internet tanpa batas, dunia seakan tak berjarak serta efek-efek yang sangat besar telah diciptakan oleh teknologi informasi.\

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja komponen-komponen dalam Teknologi Informasi ?
2.      Apa saja Klasifikasi Teknologi informasi ?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberi penjelasan tentang apa saja komponen-komponen Teknologi Informasi dan apa saja klasifikasi dalam Teknologi Informasi.

D.    Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini dilakukan dengan melalui upaya pengumpulan data yaitu :
·         Studi Pustaka              : melalui cara ini penyusun dapat mengumpulkan data yang berkenaan dengan objek penelitian.





BAB II
PEMBAHASAN

A.   Komponen – Komponen Sistem Teknologi Informasi
Sistem Teknologi Informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi.[1] System Teknologi Informasi terdiri dari sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur (Ladjamudin, 2005).
Komponen-komponen system teknologi informasi terdiri dari :
a.      Manusia
Manusia diperlukan dalam operasi system informasi. Sumber daya manusia ini meliputi pemakai akhir dan pakar system. Pemakai akhir adalah orang yang menggunakan informasi yang dihasilkan system informasi, misalnya pelanggan, pemasok, teknisi, mahasiswa, dosen dan orang-orang yang berkepentingan. Sedangkan pakar system informasi adalah orang yang mengembangkan dan mengoperasikan system informasi, misalnya system analyst, developer, operator system dan staf administrasi lainnya (Mulyanto,2009).
b.      Hardware
Sumber daya hardware adalah semua peralatan yang digunakan dalam memproses informasi, misalnya computer dan periferalnya, lembar kertas, disk magnetic atau optik dan flash disk (Mulyanto,2009).

c.       Software
Software merupakan sekumpulan perintah/fungsi yang ditulis dengan aturan tertentu untuk memerintahkan computer agar melaksanakan sesuatu (Ladjamudin.2005).
d.      Data
Data merupakan dasar sumber daya organisasi yang diperlukan untuk memproses informasi. Data dapat berbentuk teks, gambar, audio maupun video. Sumber daya informasi umumnya diatur, disimpan dan diakses oleh berbagai pengelolaan sumber daya data ke dalam database dan dasar pengetahuan (Ladjamudin,2005).
e.       Jaringan
Sumber daya jaringan merupakan media komunikasi yang menghubungkan computer, pemproses komunikasi dan peralatan lainnya dengan kendali software komunikasi. Jaringan dapat berupa kabel, satelit, seluler dan pendukung jaringan seperti modem, software pengendali serta prosesor antar jaringan (Ladjamudin,2005)
Keseluruhan komponen system informasi tersebut saling terkait satu sama lain dalam system informasi. System informasi dibangun menggunakan teknologi komunikasi dan informasi yaitu hardware, software dan jaringan. Ketiga komponen tersebut dipakai untuk mengolah data yang diperoleh untuk menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat. Keseluruhan proses pengolahan informasi tidak lepas dari komponen manusia. Manusia adalah komponen penting system informasi karena system informasi adalah benda yang tidak bermanfaat bila tidak digunakan oleh manusia.[2]
Komponen Utama Teknologi Informasi
1.      Hardware (HW)
Adalah istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi.
2.      Software (SW)
Adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” dimana di dalamnya termasuk :
·         Program
·         Dokumen
·         Data
3.      Brainware (BW)
Adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan system computer.
Komponen Pendukung Teknologi Informasi
1.      Firmware
Adalah perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi permanen.
2.      Infoware
User manual, SOP, Cyber Law[3]




B.   Klasifikasi Teknologi Informasi
1.      Klasifikasi teknologi informasi berdasarkan data yang diolah
Berdasarkan data atau sinyal masukan yang diolah, teknologi informasi dapat diklasifikasikan menjadi komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid.

·         Komputer Analog
Digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan bukan berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan, dan lain-lain. Output computer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian sebuah mesin. Computer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Kelebihan jenis computer ini adalah kecepatan yang dimilikinya dalam menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa harus melalui proses konversi. Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk grafik. Kekurangan yang dimilikinya terletak pada ketepatan yang dimilikinya masih lebih rendah disbanding jenis computer digital.
·         Komputer Digital
Digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis computer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. Keunggulan computer ini adalah tingkat ketepatannya yang lebih tinggi disbanding computer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi logika, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik, atau gambar.

·         Komputer Hybrid
Merupakan kombinasi antara computer analog dan computer digital. Karena digunakan untuk aplikasi khusus, diperlukan computer yang lebih cepat dari computer digital dan lebih tepat dari computer analog.

2.      Klasifikasi teknologi informasi berdasarkan fungsi system
Berdasarkan fungsinya computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu computer dengan tujuan khusus (special purpose computer) dan computer dengan tujuan umum (general purpose computer).
·         Special Purpose Computer
Merupakan jenis computer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja. Jenis computer ini dapat berupa computer digital atau analog. Jenis computer ini banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industry, untuk tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat untuk bidang diagnosis di kedokteran dan sebagainya.
·         General Purpose Computer
Merupakan jenis computer yang dirancang dan digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam program dan permasalahan yang berbeda seperti pengolahan kata, grafis, permainan, multimedia, dan lain-lain. Yang termasuk dalam jenis computer ini adalah PC (Personal Computer) yang biasa digunakan di rumah, kantor atau sekolah.


3.      Klasifikasi teknologi informasi berdasarkan size/ukuran
·         Komputer Besar
Komputer besar biasa juga dsebut mainframe merupakan jenis computer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk manangani pemprosesan data dengan volume sangat besar.
·         Komputer Menengah
Computer ini disebut juga medium-scale mainframe computer. Computer jenis ini dapat mempunyai bermacam-macam alat input dan output.
·         Komputer Kecil
Komputer ini disebut juga small-scale mainframe computer. Computer jenis ini banyak digunakan untuk multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage.
·         Komputer Mini
Komputer mini atau mini computer sering juga disebut Midrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan skala menengah sebagai server.
·         Komputer Mikro
Adalah computer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card untuk koneksi jaringan atau internet.[4]




C.     
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Teknologi informasi adalah gabungan dari teknologi computer dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi mencangkup teknologi masukan, keluaran, penyimpanan dan teknologi pemprosesan. Menurut fungsi sistemnya TI dibagi menjadi computer dengan tujuan khusus (special purpose computer) dan computer dengan tujuan umum (general pupose computer).

Berdasarkan data atau sinyal masukan yang diolah. Teknologi informasi dapat diklasifikasikan menjadi computer analog, computer digital dan computer hybrid. Menurut ukurannya, dibagi menjadi computer besar, computer kecil, computer mini dan computer mikro.

Peranan teknologi informasi menjamur di segala bidang. Dibidang perbankan, pendidikan, peternakan, medis dan banyak lagi peranan TI di bidang lainnya.


DAFTAR PUSTAKA

Aafonix, Klasifikasi Teknologi Informasi, http://aafonix.student.umm.ac.id/category/teknologi-informasi/klasifikasi-teknologi-informasi/ (23.09.2013-17.51pm)
Abhique, Komponen-komponen Teknologi Informasi, http://abhique.blogspot.com/2012/11/komponen-komponen-sistem-informasi.html. (23.09.2013-20.38pm)
Arfionova, Pio, Komponen Utama Teknologi Informasi, http://arfianova.blogspot.com/2011/09/komponen-teknologi-informasi-komponen.html. (23.09.2013-17.38pm)
Suprisaragihs, Komponen Teknologi Informasi, http://suprisaragihs.blogspot.com/2013/05/komponen-sistem-teknologi-informasi.html. (23.09.2013-17.16pm)


[1] Suprisaragihs, Komponen Teknologi Informasi, http://suprisaragihs.blogspot.com/2013/05/komponen-sistem-teknologi-informasi.html. (23.09.2013-17.16pm)
[2] Abhique, Komponen-komponen Teknologi Informasi, http://abhique.blogspot.com/2012/11/komponen-komponen-sistem-informasi.html. (23.09.2013-20.38pm)
[3] Arfionova, Pio, Komponen Utama Teknologi Informasi, http://arfianova.blogspot.com/2011/09/komponen-teknologi-informasi-komponen.html. (23.09.2013-17.38pm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar