Selasa, 17 September 2013



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Dizaman sekarang kemajuan teknologi informasi telah mengubah cara hidup masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Peranan dan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi disegala sektor kehidupan tanpa sadar telah membawa dunia ke gerbang globalisasi tanpa batas dan tidak mengenal jarak. Siapapun dapat berkomunikasi dan mengakses segala informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan dimanapun keberadaanya.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah, menghasilkan, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas serta dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup, hingga budaya suatu bangsa. Semakin canggih teknologi tersebut, maka semakin besar pula arus informasi yang dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global.

Perkembangan teknologi informasi sudah sangat diakui memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi informasi memiliki peran dalam membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya dan membuat hidup manusia lebih mudah. Peran dari teknologi informasi itu sendiri mencakup berbagai bidang dalam kehidupan manusia dan makalah ini akan akan memberikan penjelasannya beserta pengertian dari teknologi informasi tersebut.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian dari teknologi informasi ?
2.      Bagaimana peran dari teknologi informasi ?


C.    Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk member penjelasan tentang pengertian dari teknologi informasi dan peran dari teknologi informasi yang telah berkembang hingga sekarang terhadap kehidupan manusia.



D.    Metode Penulisan

Metode penulisan makalah ini di lakukan dengan melalui beberapa upaya pengumpulan data yaitu :
a.       Studi Pustaka        : Melalui cara ini penyusun mengumpulkan data yang berkenaan dengan objek penelitian.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Teknologi Informasi

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi computer atau pengolahan data elektronik (elektronik data processing). Teknologi informasi di definisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), computer, komunikasi dan elektronik digital.
Dalam pengertian yang sederhana, menurut beberapa ahli :
·                     J.B. Wahyudi teknologi informasi dapat diartikan sebagai “Teknologi Informatika yang mampu mendukung percepatan dan meningkatkan kualitas informasi, serta percepatan arus informasi ini tidak mungkin lagi dibatasi oleh ruang dan waktu”.  Dari pendapat ini terdapat item yang sangat mendasar yaitu untuk mempercepat akses informasi dan meningkatkan kualitas informasi.

·                     Everett M. Rogers (1986) dalam Communication Technology menyatakan bahwa teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu perangkat keras (objek materi dan sifatnya), dan aspek perangkat lunak (dasar informasi untuk menggerakkan perangkat keras itu). Sedangkan batasan mengenai teknologi informasi itu, Rogers menyatakan : “ Teknologi Informasi adalah perangkat keras bersifat organisatoris, dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain”.

·                     Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemprosesan informasi.

·                     Martin (1999) teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan informasi.

·                     Williams dan Sawyer (2003) teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Williams dan Sawyer (2005) melengkapi definisi teknologi informasi sebagai bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyampaikan informasi.

·                     Martin, Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins (2005) teknologi informasi adalah kombinasi teknologi computer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi.

·                     Sedangkan pada halaman Web Wikipedia dengan judul Teknologi Informasi tertulis : Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Information Technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Dari beberapa definisi mengenai Teknologi Informasi diatas kita dapat melihat beberapa kesamaan definisi. Untuk itu dapat disimpulkan secara sederhana bahwa teknologi informasi merupakan seperangkat fasilitas yang terdiri dari perangkat lunak yang dalam prakteknya diarahkan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi yang sangat dibutuhkan oleh setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas yang dapat membantu manusia untuk menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyampaikan informasi.
Berkat teknologi informasi inilah, informasi yang ada di setiap tempat pada detik yang sama dapat dipantau di tempat lain meskipun tempat itu berada di belahan bumi yang lain atau bahkan di ruang angkasa sekalipun.

B.     Peran Teknologi Informasi

Dari pengertian teknologi informasi yang telah di bahas, kita dapat mengetahu fungsi peran dari teknologi informasi tersebut. Peran dari teknologi informasi secara umum adalah untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan atau menyelesaikan masalahnya. Lebih detail lagi teknologi informasi member kemudahan kepada manusia dengan mengotomatiskan kegiatan seperti menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyampaikan informasi.

Peran dari teknologi informasi juga dapat tergambar dari fungsi teknologi informasi itu sendiri. Berikut adalah fungsi dari teknologi informasi menurut Sutarman (2009) :

1.      Menangkap (Capture)
Mengkompilasikan catatan untuk catatan rinci dari aktivitas untuk aktivitas. Misalnya menerima inputan dari keyboard, scanner, mic, dsb.

2.      Mengolah (Processing)
Mengolah/memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi, pengolahan/pemprosesan data dapat berupa konversi (pengubahan data kebentuk lain) segala bentuk data dan informasi.
a.       Data Processing, memproses dan mengolah data menjadi suatu informasi.
b.      Information Processing, suatu aktivitas computer yang memproses dan mengolah suatu tipe/bentuk dari informasi dan mengubahnya menjadi tipe/bentuk yang lain dari informasi.
c.       Multimedia System, suatu system computer yang dapat memproses berbagai tipe/bentuk dari informasi secara bersamaan (simultan).

3.      Menghasilkan (Generating)
Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi kedalam bentuk yang berguna. Misalnya : laporan, table, grafik dan sebagainya.

4.      Menyimpan (Storage)
Merekam atau menyimpan dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya disimpan ke harddisk, tape, disket, compact disc (CD) dan sebagainya.

5.      Mencari kembali (Retrieval)
Menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang sudah tersimpan, misalnya mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya.

6.      Transmisi (Transmission)
Mengirimkan data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan computer. Misalnya mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya dan sebagainya. (kemudahan/otomasi kerja, kebebasan informasi dan globalisasi).



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Teknologi informasi dan globalisasi seolah-olah saling mendukung hingga pada sekarang ini kita dapat merasakan medernisasi yang ada saat ini. Kita dapat menggunakan alat-alat atau device canggih yang mempermudah kegiatan atau pekerjaan yang kita kerjakan. Selain itu kita juga menerima informasi dari belahan dunia manapun dengan cepat. Namun, mengingkat bahwa manusia tidak akan pernah puas dan tidak akan pernah lepas dari masalah, medernisasi ini tidak akan pernah berhenti.
Dapat disimpulkan pula bahwa salah satu peran utama dari teknologi informasi adalah memudahkan manusia dalam mengolah dan berbagi informasi. Kemudahan ini mengakibatkan terjadinya kebebasan arus informasi.  Kecepatan arus informasi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerapnya dengan filter mental dan sikap kritis. Makin canggih dukungan teknologi tersebut, maka makin besar pula arus informasi yang dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global. Jangkauan dan dampak global ini yang sering kita sebut globalisasi. Maka, teknologi informasi sangat berperan dalam berkembangnya globalisasi yang terjadi sekarang ini.

B.     Saran

1.      Sebagai manusia yang selalu membutuhkan informasi, kita harus pandai-pandai memanfaatkan internet/teknologi informasi untuk mengetahui informasi-informasi di berbagai belahan dunia.

2.      Bagi setiap orang yang ingin menggunakan atau berhubungan dengan teknologi informasi, agar bertindaklah sesuai dengan kode etik yang berlaku, jangan bertindak tidak tanggung jawab dan harus profesional.




DAFTAR PUSTAKA

Huda, Miftahul.2007. “Layanan Informasi untuk Pemberdayaan Masyarakat”. http://bank-ilmu.blogspot.com/2007/04/layanan-informasi-untuk-pemberdayaan.html. (di akses tanggal 1 januari 2013)
Putri, D.W.E. 2012.“Peranan dan Manfaat TIK dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi”. http://dianwijayantiekaputri.blogspot.com/2012/10/peranan-dan-manfaat-tik-dalam-menunjang.html. (di akses tanggal 2 januari 2013).
Susanto,Rudi.2010. “Manfaat Teknologi Informasi  & Komunikas dalam Bidang Ekonomi’. http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/11/08/manfaat-teknologi-informasi-komunikasi-dalam-bidang-ekonomi/ (di akses tanggal 2 januari 2013)
http://raynetcom.blogspot.com/2012/10/pengertian-teknologi-dan-peran-dari_9.html. (diakses pada tanggal 7 september 2013 pukul 20.48)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar